CPC (Cost Per Click), Page RPM, Estimated earning dan Istilah lain

Postingan berikutnya mengenal tentang istilah CPC (Cost Per Click), Page RPM, Estimated earning dan Istilah lain

diartikel sebelumnya kita bahas

nah sekarang kelanjutan dari dua artikel tersebut adalah pembahasan tentang CPC (Cost Per Click), Page RPM, Estimated earning dan Istilah lain. langsung saja berikut sedikit penjelasannya :
  • CPC (Cost Per Click)
Cost per Clicks adalah nilai iklan kita per clicks. Biasanya orang selalu mengasumsikan besar kecilnya CPC itu dari Niche. Tapi jawaban Niche saja adalah kurang, pemilihan Niche sendiri tidak akan terlepas dari geotargeting atau target visitor berdasarkan Negara/wilayah.

Maksudya apa? Begini.. secara tidak sadar ketika kita mengatakan bahwa blog berbahasa Inggris lebih menguntungkan dari blog berbahasa Indonesia sudah menunjukkan bahwa geotargeting atau target vistor berdasarkan wilayah adalah sangat penting. Berangkat dari situ, baru kita tentukan Niche yang cocok dengan asal visitor yang kita tuju.

Anda membangun blog/sites dengan high CPC berbahasa Inggris, tapi optimasinya hanya untuk pasar local a.k.a Indonesia, dan visitornya jg dari Indonesia, alhasil ads yang muncul sering tidak akan relevan dengan niche utama blog kita. Karena ads yang muncul di sites kita lebih mengutamakan factor letak posisi visitor/geotargeting.

Ga percaya??? Coba iseng login pakek proxy korea, Jepang, USA, atau Negara mana saja deh ke blog situ yang ada Adsensenya, cek Ads yang muncul.. apakah ada Ads Lazada, olx, dll (ads local Indonesia)? Biasanya ads yang muncul akan berubah menyesuaikan posisi dimana proxy yang anda pakai. Hal ini menunjukkan Negara asal visitor lebih menentukan daripada sekedar Niche. Jadi kalau mau CPC nya gede, ga perlu mikirin Niche yang mahal dsb. Lebih baik mikirin bagaimana supaya blog saya dikunjungi negara - negara ber CPC besar.

  • Page RPM

Ini mah ga usah dipikiri, cm aksesoris doang. Kecuali Anda memiliki daily pageview yang banyak, 
maka bisa menghitung estimasi pendapatan ketika blog kita naik dan turun visitornya saja. Tidak 
berpengaruh ke earning.

  • Estimated earning dan Istilah lain

Estimated Earning : perkiraan pendapatan pada periode tertentu 

PIN Adsense : buat verifikasi alamat, di generate oleh google setelah pendapatan anda 10USD. Dikirim via pos ke alamat masing-masing. PIN verify address hanya 1 kali.

Payable Earning : pendapatan yang akan diterima, biasanya payable earning/finalized earning akan muncul di tanggal 1-2 setiap bulannya.

PIP : Payment in Progress atau Payable earning kita sudah di proses oleh google Ireland untuk dibayarkan. Biasanya PIP muncul pada tanggal 23-24. PIP akan muncul ketika payable earning kita 
sudah 100$++

PI : Payment Issued atau pembayaran kita sudah selesai di proses oleh google dan di PI tersebut kita dapat melihat Pengirim, Penerima, Jumlah Pembayaran, Kode MTCN (jika yang menggunakan Western Union sebagai media pembayaran). PI muncul setelah PIP.

mudah-mudahan share dari mas Yudawa Suseno ini menambah pengetahuan para blogger dalam dunia adsense. dan sekali lagi thanks alot buat pembuat curhatan e-book adsensenizer yaitu Yudawa Suseno.