Istilah dan Variable Performance Reports Google Adsense

Apa saja istilah dan variable performance reports Google Adsense itu? nah di salah satu group di FB ada yang share tentang judul di atas. nanti kita kenalan sama yang share nya dan tulisan saya ini adalah murni dapat dari ebook curhatannya beliau dan amat sangat bermanfaat sekali bagi kita tahu tentang istilah - istilah yang ada di beranda google adsense dari mulai apa itu clicks/adsclicks, pageview/adsview, CTR, CPC dan lain sebagainya akan dibahas disini. tetapi tidak semuanya dibahas karena pembahasan lengkapnya bisa di baca di Google FAQ dan disitu ada semua jawabannya.

Sebelumnya saya ucapkan terimakasih kepada Yudawa Suseno sudah membuat curhatan mengenai pengalaman dan ilmu pengetahuannya didunia internet marketing, advertiser dan lain sebagainya salah satunya adalah istilah dan variable performance reports google adsense ini dan menurut saya itu sangat bermanfaat sekali terutama saya yang baru di dunia blogging.

ok tanpa banyak basa basi dulu semoga penjelasan istilah berikut mudah dipahami, menambah pengetahuan dan banyak manfaatnya.

  • Mengenal Rumus Umum Blogging / Internet Marketing
Rumus umum di dunia blogging dan internet marketing sebenarnya super sangat simple, sering 
banget saya tulis ini.

VISITOR + ADS/Product = $$$$$$$$

Maksud dari rumus tersebut adalah, Visitor atau Pengunjung website jika ditambahkan variable
Ads(iklan)/Product/branding/Marketing akan menghasilkan Dolang..$$$. Semakin tinggi jumlah visitor, maka semakin besar kans untuk mendapatkan earning. Ads/Product disini bisa saja di isi dengan Adsense, Prollerads, dsb bisa PPC, PTC, CPA, dll. Kalau produk tentunya adalah yang focus pada bidang marketing atau juwalan produk, seperti website yang ditujukan untuk menjual produk seperti amazon, lazada, dsb. Bisa juga jika anda adalah pengusaha offline, dan ingin mengeruk pasar online maka menggunakan media blog/sites.

Anda punya Blog Visitor melimpah, ga dipasang Ads/Product = SIA SIA
Anda punya blog cupu, dipasang Ads/Produk = CAPE HATI
Anda punya blog cupu, ga dipasang Ads/Product = SADAR DIRI
Anda ga punya blog, anda pasang Ads/Product ????? = MASIH NGIMPI
Anda punya blog Visitor melimpah, anda pasang Ads/Product = KEREN !!!

intinya adalah visitor number one (eit dibarengi dengan content yang keren juga ya) jangan hanya page one di google, harus nomer 1 dihati pembaca juga :D

  • Mengenal Performance Reports
Performance Reports adalah laporan performa Adsense. Melalui Performance Reports kita bisa 
melihat perkembangan akun adsene kita dari hari ke hari secara actual. Walaupun earning yang 
terlihat di dalam Performance Reports adalah masih Estimated Earning (akan dibahas lebih lanjut).

Berikut adalah gambar screenshot dari Performance Reports

Istilah dan Variable Performance Reports Google Adsense
Berikut adalah contoh performance reports Yudawa Suseno source : ebook adsensenizer I
mari kita telaah satu persatu

  1. Date : tentu saja Date adalah tanggal, bukan kencan ataupun buah kurma (date dalam bahasa inggris berarti Kencan, Buah Kurma, Tanggal)
  2. PageViews/Adsview : ini adalah jumlah adsview atau iklan yang tampak di website kita dalam periode tertentu
  3. Clicks/Adsclick : ini adalah jumlah ads yang terklik oleh visitor web kita pada periode tertentu. Adsclick adalah factor yang mempengaruhi CTR, selain daripada pageview.
  4. Page CTR : CTR adalah rasio antara pageviews dengan adsclick. Di misalkan terdapat 1000 pageview, dengan 10 adsclick, maka page CTR adalah (1000/10)*100%=1 %. Mengenai hal ini akan dibahas lebih mendalam dibawah.
  5. Page RPM : adalah “perkiraan” pendapatan adsense anda per 1000 pageviews, JIKA rasio nilai iklan (CPC) dan CTR konstan pada posisi seperti sekarang. Page RPM akan berubah mengikuti CPC dan CTR, dan ini sekali lagi hanyalah perkiraan, tidak berpengaruh terhadap earning kalian 
  6. Estimated earning : adalah perkiraan pendapatan pada periode terkait. Ingat ini masih “Estimated Earning” jadi bukanlah pendapatan real atau asli. Pendapatan asli adalah Payable Earning/Finalized Earning yang biasanya akan muncul di dashboard awal Adsense setiap tanggal 1-2 setiap bulannya.