Penyebab WA, FB, Instagram dan Media Sosial Lain Error

Siang tadi, (22 Mei/19) sekitar pukul 14 siang tidak hanya saya, jutaan pengguna internet dan media sosial dibuat kesal karena error jaringan. Awalnya saya menyangka perlu restart modem, ternyata setelah di restart masih aja error. Ada koneksi internet tapi tidak bisa akses media sosial seperti WA, FB, Instagram. Saya pun mulai mencari Penyebab WA, FB, Instagram dan Media Sosial Lain Error. Dan ternyata bukan jaringannya yang error.

Tak lama, setelah buka puasa saya mendapatkan notifikasi dari browser yg mengabarkan sebuah berita dan sekaligus jawaban dari penyebab errornya whatsapp, facebook dan instagram (untuk medsos lainnya saya tidak tau karena hanya menggunakan 3 aplikasi tersebut). Setelah saya buka notifikasi berita dengan judul Wiranto: Media Sosial Kita Nonaktifkan sementara untuk Hindari Hoax. Berikut kutipannya:

Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengatakan layanan media sosial (medsos) akan dinonaktifkan untuk sementara. Tindakan itu diambil pemerintah untuk menghindari penyebaran berita bohong atau hoax.

"Untuk sementara, untuk menghindari berita bohong kepada masyarakat luas, akan kita.... Akses di media sosial tidak diaktifkan untuk mencegah itu tadi, hal negatif yang bisa berdampak ke masyarakat," kata Wiranto dalam konferensi pers di kantornya, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (22/5/2019).

Dari sini kita sudah paham ya kenapa media sosial kita gak bisa gunakan untuk sementara. Sampai kapan? Kita tidak tau sampai kapan mudah-mudahan pemerintah segera mengaktifkan kembali akses media sosial yang telah di nonaktifkan sementara mengingat pentingnya komunikasi dan urgenitas lainnya yang memang mengharuskan menggunakan aplikasi seperti contoh whatsapp.

Kalau dilihat untung ruginya, tentu banyak pihak yang dirugikan terutama penjual online yang transaksi tawar menawar dan deal harganya di WA, emak emak dan anak-anak muda yang sedang meraup rejeki dari jualan di Facebook dan Instagram. Apalagi menjelang lebaran ini merupakan moment tepat khususnya di sektor jual beli online dari segala bidang.

Apabila maksud dari menonaktifkan medsos tersebut adalah mencegah penyebaran hoax, maka hoax apa yang akan menyebar beberapa hari kedepan ini? karena kalau hanya sementara, ingat bahwa hoax akan tetap ada saat media yang keblokir di aktifkan kembali kecuali dinonaktifkan selamanya, setidaknya meminimalisir penyebarannya. Jadi sebenarnya ada apa dengan ini semua? Apakah benar hanya untuk itu pemerintah menonaktifkan media sosial? Atau akan ada yang terjadi dan masyarakat jangan sampai ada yang tahu, sengaja di butakan dari penyebaran beritanya? Kita tidak tahu itu yang pasti kita akan tahu nanti.

Kita do'a kan saja supaya masalah ini tidak cepat berlanjut dan pemerintah segera mengaktifkan kembali medsos-medsos yang di nonaktifkan, memgingat pentingnya media sosial di era sekarang.

Oh iya, BTw kalian masih bisa main youtube, gugling di gulugulu (google) dan main game online. Tadi nyoba sih masih bisa.


PENELUSURAN TERKAIT

Penyebab WA error hari ini 2019
penyebab wa error hari ini
cara mengatasi wa error tidak bisa mengirim pesan
whatsapp error tidak bisa kirim pesan
whatsapp error hari ini 2019
cara mengatasi wa pending
cara mengatasi wa error tidak bisa menerima pesan
kenapa wa error hari ini
cara mengatasi wa error karena menghapus pesan